Kuliah Singkat Cepat Kerja
blog-img
02/06/2021

PAPARAN PROPOSAL PRODUK INOVASI LOMBA KRENOVA KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2021

heri_polda | Prestasi

Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Kebumen pada tahun 2021 ini kembali mengadakan “LOMBA KREATIVITAS DAN INOVASI (KRENOVA) BAGI PELAJAR DAN MASYARAKAT KOTA KEBUMEN TAHUN 2021” sebagai cerminan keikutsertaan masyarakat dan pelajar dalam memajukan teknologi terapan, sekaligus untuk memperoleh solusi yang tepat terhadap permasalahan teknologi yang tengah dihadapi dan dimanfaatkan secara mudah guna menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup menuju generasi bangsa yang kreatif dan inovatif.

 

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Politeknik Dharma Patria Kebumen turut berpartisipasi membimbing para mahasiswa/i untuk berkreasi dan berinovasi dengan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi semua kalangan.

 

Jumat, 28 Mei 2021, mahasiswa Politeknik Dharma Patria Kebumen, Rudi Muhammad Maulana, menghadiri undangan dari BAPPEDA Kabupaten Kebumen dalam acara Paparan Proposal Produk Inovasi Lomba KRENOVA Kabupaten Kebumen Tahun 2021. Adapun judul yang proposal yang dibawakan yaitu “Arunika Emergency, Lsitrik Ramah Lingkungan Baterai Air Garam, Mengubah Air Garam menjadi Listrik Untuk Lampu Rumah 110 – 220 VAC, Mengisi Daya Ponsel dan Detektor Uang Palsu” dan masuk dalam bidang Rekayasa Teknologi dan Manufaktur.  Judul tersebut masuk kandidat 10 besar sehingga mendapat undangan dari Bappeda untuk memaparkan proposal produk inovasi lomba Krenova dan akan diseleksi kembali.

 

Pada acara tersebut, salah satu Dewan Juri menambahkan bahwa “perlunya bereksperimen agar mencakup kapasitas yang lebih besar untuk menjadi sebuah produk massal yang bisa digunakan dan dimanfaatkan bukan oleh kalangan masyarakat tetapi oleh komunitas-komunitas tertentu seperti pengusaha atau Pemerintah Daerah agar menghasilkan program kerja yang lebih efektif dan efisien dalam mengelola pembangunan”.

 

Lomba yang diadakan secara rutin setiap tahun ini dengan maksud untuk mendorong terbentuknya budaya kreatif dan inovatif di bidang ilmu pengatahuan dan teknologi, meningkatkan daya saing serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kebumen. Dengan tujuan memberikan penghargaan kepada masyarakat Kebumen baik perorangan atau kelompok yang mampu menghasilkan temuan/inovasi yang kreatif, inovatif dan dapat dikomersilkan.

Bagikan Ke:

Populer