Kuliah Singkat Cepat Kerja
blog-img
03/03/2020

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa dan Musyawarah Besar

heri | Kemahasiswaan

Pemilihan Presiden Mahasiswa Politeknik Dharma Patria Kebumen Tahun 2020

Badan Executive Mahasiswa atau yang biasa disingkat BEM, merupakan organisasi resmi yang ada dalam suatu Perguruan Tinggi yang beranggotakan seluruh mahasiswa, di mana melalui organisasi tersebut mahasiswa dapat menyalurkan seluruh aspirasinya terutama mengenai Pendidikan serta hal yang menyangkut Perguruan Tinggi tersebut. Dalam perekrutan Ketua dan seluruh anggota organisasi tersebut, BEM menyelenggarakan pemilihan secara terbuka, jujur, adil yang dalam hal ini, Politeknik Dharma Patria menggunakan cara Musyawarah Besar. Seperti yang baru saja dilakukan pada hari Sabtu tanggal 28 Februari 2020, diadakan Musyawarah Besar untuk pemilihan Ketua BEM di kampus Politeknik Dharma Patria Kebumen. Mubes tersebut dilaksnakan Bersama dengan rangkaian sehari sebelumnya yaitu Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa (PKM) yang diikuti oleh 14 mahasiswa baru, yang mana mereka akan bersedia dan siap masuk dalam struktur organisasi Badan Executive Mahasiswa Politeknik Dharma Patria Tahun 2020. PKM dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 28 Februari 2020 bertempat di lokasi wisata “Kampung Etnik” yang ada di Pejagoan Kebumen. Panitia memilih kampung Etnik karena salah satu kegiatanya adalah PBB di Lapangan Pejagoan, dan kegiatan outbond dengan harapan agar peserta juga dapat terbiasa menghadapi hal - hal yang menantang di lapangan atau di luar. Outbond juga mengajarkan ketangguhan, keberanian, kedisiplinan dll.

Pelaksanakan pelatihan kepemimpinan mahasiswa yang diikuti oleh 14 peserta calon pengurus badan eksekutif mahasiswa periode 2020-2021. Acara yang berlangsung pada tanggal 28-29 februari 2020 itu berjalan lancar bertempat di Aula lantai 3 Politeknik Dharma Patria Kebumen, setelah sebelumnya melakukan outbond di Kampung Etnik Pejagoan Kebumen. Acara tersebut dilaksanakan atas persetujuan dari direktur dan juga pudir III kemahasiswaan Politeknik Dharma Patria Kebumen guna meningkatkan kedisiplinan dan melatih jiwa kepemimpinan para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Kebumen.  Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh direktur Politeknik Dharma Patria Kebumen bapak Ari Waluyo, S.ST.,M.M.,MOS.

     Acara berlangsung selama dua hari ini sangat memberikan arti dan manfaat bagi para peserta dan juga panitia.  Dalam salah satu rangkaian acaranya terdapat pentas seni di malam hari dan juga jalan malam keliling stadion Candradimuka Kebumen. Di sana para peserta di uji mentalnya untuk melihat sejauh mana mental mereka untuk menjadi anggota badan eksekutif mahasiswa yang kreatif,  inofativ loyalitas dan militan.  Para peserta juga dibekali materi kepemimpinan yang diberikan oleh ibu Sri Wahyuningsih, S.E,M,Si. selaku dosen Politeknik Dharma Patria, Materi Team Building disampaikan oleh Bapak Hamid Nasrulloh S.Pd,. M. Pd.  Dan perwakilan anggota TNI koramil Kebumen memberikan materi yaitu wawasan kebangsaan kedisiplinan. Para peserta mengikuti acara tersebut dengan penuh antusias dan bersemangat.  

    Pada keesokan harinya,  Sabtu (29/2) dilaksanakan rangkaian acara berikutnya yaitu pemilihan presiden mahasiswa periode 2020-2021. Acara ini dibuka juga oleh sambutan dari ketua pelaksana yaitu saudara Akhmad Nurwahid selaku wakil presiden mahasiswa Politeknik Dharma Patria Kebumen periode 2019-2010. Sebelumnya berlangsung sidang pleno 1 yang dipimpin oleh Kukuh Saksono dan musyawarah besar yang dipimpin oleh pengurus BEM yang baru dilantik yaitu Fikri Ali Husaeni.  Dari putusan hasil sidang musyawarah besar tersebut yaitu menetapkan Aditya Nuraini Nugroho sebagai kandidat presiden mahsiswa terpilih.  Dengan mempertimbangkan hasil voting dan beberapa tes yang dilaksanakan yaitu tes psikotes yg diikuti oleh seluruh kandidat dan wawancara dan debat yang diikuti 6 kandidat dengan hasil nilai psikotes tertinggi. urutanya hasil terpilihnya presma melalui 3 tahap :

1. Psikotes diikuti 14 peserta PKM, diambil 6 kandidiat terbaik yang lolos tahap berikutnya

2. Debat diikuti 6 kandidiat dan diambil penilaian melalui voting dari semua peserta mubes

3. Penilaian terakhir yaitu wawancara oleh Pudir III,  BEM,  dan Menwa

Jadi hasil Nilai Komulatif didapat nilai tertinggi diperoleh Aditya Nuraini Nugroho sebagai kandidat presiden mahsiswa terpilih . Pudir III kemahasiswaan  menyampaikan harapannya kepada presiden mahasiswa terpilih untuk mengenban tugas dengan penuh amanah dan penuh tanggung jawab.  Setelah acara selesai dilanjutkan dengan sesi foto bersama panitia dan peserta. ( Kemahasiswaan_Polda)

Bagikan Ke:

Populer