Kuliah Singkat Cepat Kerja
blog-img
18/02/2020

SEMINAR NASIONAL POLITEKNIK DHARMA PATRIA KEBUMEN 2020

heri | Pendidikan

Sabtu, 15 Februari 2020 Politeknik Dharma Patria mempersembahkan Seminar Nasional dengan tema Tantangan Tenaga Kerja Intelektual Dalam Era Industri 4.0 yang diikuti oleh 200 peserta dari 130 mahasiswa, 6 dosen, 42 siswa dan 2 dari kalangan umum. Kegiatan ini dilaksanakan di aula lantai II Politeknik Dharma Patria Kebumen mulai pukul 08.00 s.d 11.30 WIB.

Seminar Nasional ini menghadirkan 3 pembacara dan materi-materi yang dipaparkan, antara lain:
  1.     Dr. Muji Setiyo, ST., M.T. (Dosen Universitas Muhammadiyah Magelang)
Materi : Tantangan dan Peluang di Era Revolusi Industri 4.0

  2.     Takumi Fujisaki (Doctor's Program OSAKA University Japan)
Materi : Etika Bisinis di Era Revolusi Industri 4.0

  3.    Himawan Herrachmadi, S.E.,M.M. (Pemimpin BNI Kantor Cabang Kebumen)
Materi : Tenaga Kerja Intelektual di Era Revolusi Industri 4.0

  4.     Ari Waluyo, S.ST.,  M.M., MOS. (Direktur Politeknik Dharma Patria)
Materi : Prespektif Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Rumpun Keilmuan

   Revolusi industri 4.0 menghadirkan tantangan dalam berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali pada sektor ketenagakerjaan. Mekanisasi, otomatisasi, dan hadirnya kecerdasan buatan menjadi ancaman yang harus dihadapi pekerja atau buruh di era disrupsi saat ini. Menghadapi era revolusi industri, mahasiswa harus dapat beradaptasi dengan perubahan yang berjalan dengan cepat. Para mahasiswa diharapkan mampu mengikuti perkembangan dan melek teknologi agar tidak terlibas arus perubahan.

   Terlebih, Indonesia dipandang rentan terpapar hal tersebut karena profil ketenagakerjaan Indonesia didominasi tenaga kerja berpendidikan rendah. Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus lalu mencatat jumlah penduduk bekerja sebanyak 88,43 juta. Hanya saja, 40,69 persen diantaranya hanyalah lulusan Sekolah Dasar (SD). Kemudian sebanyak 22,4 juta orang atau 18,09 persen penduduk bekerja merupakan lulusan SMP.

   Kegiatan seminar nasional ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tantangan di era Revolusi Industri 4.0, sehingga memacu semangat calon lulusan yang akan bekerja diharapkan menjadi tenaga kerja yang intelektual dan melek teknologi.

Bagikan Ke:

Populer