Kuliah Singkat Cepat Kerja
blog-img
04/08/2020

Tahun 2020 Kampus Polda Kebumen mendapat kuota KIP Kuliah Sebanyak 43 Mahasiswa

heri_polda | Pendidikan

KEBUMEN (politeknik-kebumen.ac.id) - Dilansir dari Antara News (14/7/2020) Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Paristiyanti Nurwardani mengatakan kuota Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pada 2020 sebanyak 400.000 beasiswa. Sekitar 50 hingga 60 persen kuota tersebut diperuntukkan bagi siswa yang lolos seleksi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), sedangkan 40 persen sisanya, diperuntukkan untuk kuota beasiswa di Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Setiap penerima beasiswa KIP Kuliah mendapatkan bantuan sebesar Rp6,6 juta per semester, terdiri atas Rp2,4 juta untuk biaya kuliah dan Rp4,2 juta untuk biaya hidup.

KIP Kuliah merupakan bentuk penguatan program Bidikmisi yang dilaksanakan melalui perluasan akses mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Berdasarkan keputusan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah VI hari Kamis, 30 Juli 2020 mengeluarkan surat nomor 771/LL6/KM/2020 perihal kuota KIP Kuliah tahun 2020 yang berisi pemberitahuan bahwa kuota KIP kuliah untuk kampus Polda sebanyak 43 mahasiswa.

Hal tersebut ditanggapi pihak kampus Polda dengan antusias dan dilakukan gerak cepat agar bantuan KIP kuliah tepat sasaran.

"Alhamdulillah, tahun ini kampus Polda mendapat kuota KIP kuliah sebanyak 43 mahasiswa" Hamid Nasrullah, M.Pd menyampaikan hari Jumat. Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan tersebut juga mengatakan akan memberikan bantuan tersebut ke mahasiswa yang benar-benar membutuhkan, sehingga dari awal kampus Polda melakukan seleksi secara ketat.

Adapun alur pendaftaran KIP kuliah untuk kampus Polda sebagai berikut :

1. Mendaftar KIP kuliah di https://kip-kuliah.kemendikbud.go.id

2. Mendaftar sebagai mahasiswa Polda melalui link pmb.politeknik-kebumen.ac.id

3. Untuk jurusan yang terdaftar di KIP kuliah adalah akuntansi dan mesin otomotif

4. Pemberkasan dengan melampirkan bukti pendaftaran KIP kuliah 

5. Melakukan tes tertulis (TPA), wawancara dan survey tempat tinggal

6. Menunggu pengumuman

Sedangkan untuk syaratnya adalah semua siswa SLTA yang lulus dari tahun 2018-2020 dan memiliki potensi akademik baik namun memiliki keterbatasan ekonomi.

Dengan meningkatnya kuota penerimaan bantuan KIP kuliah diharapkan semakin banyak mahasiswa mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. (NAS, 0820).

Bagikan Ke:

Populer